Rabu, 02 Maret 2011

CARA SEHAT berKOMPUTER

Dokter Yth,
Setahun yang lalu, ibu saya berobat di RS Siaga Medika dengan keluhan sakit pinggang, Alhamdulillah dengan berobat secara teratur di RS Siaga Medika, kondisi ibu saya sekarang sudah membaik. Yang ingin saya konsultasikan sekarang adalah mengenai kesehatan saya sendiri, usia saya 24 tahun, TB 154 cm BB 56 kg, saya bekerja hampir 5 jam/hari duduk di depan komputer. Satu minggu ini kadang punggung terasa sakit. Apa karena salah posisi duduk atau kenapa ya, Mohon penjelasan dan saran dari Dokter.

Terimakasih.
Indah, di Banjarnegara.

Jawab :
Terimakasih Mba Indah atas suratnya, syukurlah Ibunda tercinta sudah sehat kembali.
Tulang punggung memang harus dijaga kesehatannya. Apalagi memiliki pekerjaan yang membuat Anda harus duduk di depan komputer hampir sepanjang hari,  tentunya tidak banyak waktu untuk melakukan olah raga secara teratur, sementara beban emosional menumpuk. Situasi seperti ini membuat Anda beresiko menderita sakit punggung.
Kalau keluhannya belum begitu parah, saya ada saran untuk mencegah cedera tulang belakang, coba Anda ikuti tips-tips berikut  ini :
  • Biasakan duduk dengan tulang punggung selalu tegak, namun tetap membentuk kurva alami (lengkungan ke dalam yang alami di bagian pinggang).
  • Jika harus mengangkat benda berat, posisi tubuh jangan membungkuk, tetapi tekuk lutut, rendahkan badan dan selalu usahakan tulang punggung tetap tegak.
  • Biasakan selalu melakukan stretching atau pemanasan untuk melenturkan otot-otot sebelum melakukan gerakan atau latihan yang intens.
Ada juga beberapa hal yang harus diperhatikan, misalnya :
  • Perhatikan posisi Anda pada waktu duduk dan berdiri. Posisi yang salah akan membebani otot penyangga dan ligament (ikatan sendi) tulang pinggang sehingga kurang efektif mendukung Anda. Jika berdiri, tarik kepala Anda, tegak lurus pada bahu. Usahakan dagu sejajar dengan lantai dan leher lurus. Sedangkan pada posisi duduk, tulang punggung harus tegak dengan dagu sejajar dengan pangkuan Anda.
  • Kenakan sepatu atau sandal yang nyaman dipakai. Hindari terlalu sering mengenakan sepatu hak tinggi karena bisa menyebabkan nyeri pinggang.
  • Pertahankan berat badan ideal, agar tulang Anda tidak mendapat tekanan yang berlebihan. 



Uraian di atas sekedar saran dari kami, silahkan datang langsung ke RS Siaga Medika untuk mempermudah pemeriksaan. Sekian dan terima kasih
Surat ini dijawab oleh : Team Medis RS.Siaga Medika Banyumas