Senin, 21 Maret 2011

Radang Sendi Asam Urat

Radang sendi asam urat (Artritis Gout) adalah peradangan sendi akut yang disebabkan oleh pengendapan kristal asam urat dalam rongga sendi. Sendi merupakan bagian yang paling mudah dihinggapi kristal-kristal asam urat selain juga pada bagian kulit dan ginjal yang merupakan akibat dari penambahan kadar asam urat dalam darah. Jika terjadi selama bertahun-tahun, deposit kristal asam urat dalam sendi tersebut dapat mengakibatkan kerusakan sendi secara permanen


Penyebab : Kadar asam urat di dalam darah yg meningkat sehingga terjadi penumpukan kristal sodium urat didalam sendi, disebabkan karena :
  1. Produksi asam urat berlebihan. Karena faktor keturunan, penderita leukimia, asupan tinggi purin, kegemukan dan hipertiglideridemia, konsumsi alkohol, konsumsi fruktose dan kurang olah raga.
  2. Ekskresi/Pengeluaran asam urat berkurang. Karena faktor genetik, penyakit ginjal kronik, obat-obatan dierutik tiazid salisilat pirazinamid, obesitas dan kurangnya produksi urin.

Gejala : Nyeri sendi secara mendadak, kemerahan, bengkak dari sendi yg terkena. Sendi yg sering mendapat serangan adalah daerah yg sering terkena tekanan, yaitu sendi ibu jari kaki, sendi pergelangan kaki/tumit, sendi lutut, sendi siku, dan sendi jari tangan.

Kadar normal kandungan asam urat pada manusia adalah 4-7 mg/dl. Asam urat yg terbentuk dalam tubuh kebanyakan akan dibuang melalui air kencing.

Saran : Penderita juga dianjurkan untuk memperbanyak minum air putih karena air membantu mengeluarkan asam urat melalui air kencing.

Oleh : M Subandi (Perawat Poliklinik Orthopaedi RS Siaga Medika Banyumas