Rabu, 02 Maret 2011

Sehat dan Bugar dengan LIPOSUCTION

Berpenampilan  menarik  dengan mempunyai perawakan fisik yang ideal dan proporsional  menjadi dambaan setiap orang dewasa ini. Banyak cara yang dapat dilakukan masyarakat untuk memperoleh tubuh yang indah dan ideal, diantaranya adalah dengan  berusaha menjaga asupan gizi makanan, berolahraga, puasa, dan sebagainya. Bagi sebagian orang yang  sudah terlanjur gemuk, lemak sudah menumpuk pada bagian tertentu dan usaha untuk menurunkan berat badan pun tidak berhasil, maka sebagian orang ada yang mengambil jalan pintas melakukan pembedahan untuk mengeluarkan lemak tersebut, itulah teknik yang disebut liposuction.


Liposuction (operasi sedot lemak) adalah suatu cara menghilangkan lemak tubuh  dengan cara membuat lubang kecil pada kulit dan mengeluarkan lemak tersebut dengan tenaga vakum (sedot).Liposuction sendiri sudah berkembang di Indonesia sejak tahun 1980-an, ketika itu liposuction belum populer dan menjadi suatu hal yang menakutkan. Tetapi sekarang seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dimana teknik operasi sudah semakin maju dan aman, liposuction mulai diminati kembali oleh masyarakat sebagai salah satu cara yang efektif dan efisien untuk menurunkan berat badan secara instan.

Biasanya tujuan utama mereka yang  melakukan liposuction adalah untuk body contouring atau membentuk tubuh agar telihat lebih ideal dan proporsional dengan cara  membuang sebagian lemak tubuh yang tidak diinginkan, sehingga bentuk tubuh secara kosmetis nampak lebih baik. Akan tetapi tujuan liposuction tidak melulu kosmetik, liposuction dapat dilakukan sebagai salah satu alternatif terapi untuk mengatasi masalah obesitas atau kegemukan. Liposuction digunakan untuk mengurangi lemak pada penderita kegemukan, sehingga mengurangi penyakit-penyakit akibat kegemukan dan membuat kualitas hidup penderita menjadi lebih baik.

Liposuction dapat dilakukan pada seluruh bagian tubuh yang mengandung timbunan lemak. Misalnya dagu, pipi, lengan atas, perut, pinggang, pinggul, punggung, paha dalam,paha samping, betis.Tergantung keinginan dari pasien lemak bagian tubuh mana yang akan dikurangi atau dihilangkan.
Liposuction hanya boleh dilakukan oleh dokter spesialis yang berkompeten (telah mendapat pelatihan khusus liposuction) dan dikerjakan di kamar operasi rumah sakit, dibantu dengan pembiusan lokal untuk mengurangi rasa sakit. Rumah sakit Siaga Medika sebagai salah satu rumah sakit  di wilayah Banyumas telah mempunyai sarana dan prasarana yang memadai untuk melakukan tehnik liposuction ini. (dr.Amri)