Selasa, 15 Maret 2011

Tumor Tulang (Osteosarcoma)

Persepsi masyarakat tentang tumor tulang seringkali salah kaprah. Salah satu hal yang paling banyak dijumpai di kalangan masyarakat adalah, adanya anggapan bahwa trauma atau benturan pada tulang bisa menyebabkan tumor tulang. Karena itu, edukasi kepada masyarakat tentang deteksi dini penyakit itu perlu ditingkatkan.

Hal ini selaras dengan yang disampaikan oleh Prof. dr. Errol U Hutagalung, SpB, SpOT (Kepala Divisi Orthopaedi dan Traumatologi FKUI-RSCM), pada seminar bertema Tumor Tulang , yang diadakan oleh RS Siaga Medika Banyumas bekerjasama dengan IDI Cabang Banyumas beberapa waktu yang lalu.

Sebagian masyarakat menganggap trauma atau benturan bisa menyebabkan tumor tulang. Padahal sebenarnya trauma itu tidak ada kaitannya dengan tumor ganas itu. "Yang kemungkinan terjadi adalah, sebenarnya penderita memang telah memiliki bakat menderita kanker tetapi baru mulai memperhatikan bagian tulangnya setelah mengalami trauma," kata Prof Errol menambahkan.

Selain itu, banyak penderita mendiamkan penyakitnya saat menderita gejala klinis tumor ganas itu antara lain rasa sakit, bengkak dan muncul benjolan pada tulang. Bahkan, banyak di antara mereka yang malah memijat benjolan itu atau penanganan non medis lain. "Baru setelah kondisi benjolan bertambah parah atau stadium lanjut, penderita berobat ke dokter," ujarnya.

Tumor tulang merupakan tumor ganas yang sering terdeteksi terlambat sehingga mengakibatkan diagnosis dan pengobatan yang tidak optimal. Padahal penanganan radikal, misalnya mengamputasi bagian tulang yang diserang kanker, bisa dihindari bila tumor tulang diketahui sejak dini. Kemoterapi menjadi pengobatan pendukung.

Sejauh ini belum diketahui secara pasti penyebab kanker tulang. Namun ada sejumlah penelitian yang mengarah pada faktor genetika sebagai salah satu pemicunya. Faktor risiko lain adalah, bila seseorang pernah menderita tumor jinak. Pada tumor tulang primer, biasanya pengobatannya dilakukan untuk menyelamatkan jiwa penderitanya. Kanker tulang juga bisa merupakan penyebaran dari sel-sel kanker di luar tulang atau disebut sebagai tumor tulang sekunder. Ini biasanya terjadi bila seseorang telah menderita suatu jenis kanker pada stadium lanjut. Karena itu, pengobatannya biasanya lebih mengarah pada bagaimana meningkatkan kualitas hidup penderita atau bersifat paliatif.

Terkait dengan pola makan yang perlu diterapkan penderita tumor tulang, sejauh ini tidak ada jenis makanan tertentu yang harus dikonsumsi atau dihindari. Yang jelas, menu makanan yang dikonsumsi harus bergizi seimbang. "Bagaimanapun, penderita tumor ganas memerlukan makanan yang bisa memenuhi kebutuhan karbohidrat, protein dan zat gizi lain untuk meningkatkan kekebalan tubuh," ujarnya.

Oleh : Customer Care RS. Siaga Medika Banyumas